Sabtu, 09 Januari 2016

Kawah Putih Tinggi Raja




                 Kawah Putih Tinggi Raja yang terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Di cagar alam seluas 176 hektare dan memliki lahan kawah seluas 4 hektare ini bagai mutiara di dalam lumpur. Tidak dapat dipercaya di tengah-tengah lebatnya hutan dan jalan untuk menuju kawah yang tidak begitu mulus terdapat keindahan yang mengagumkan, pengunjung pun akan dibuat terpesona dengan keindahan bukit putih kapur dan aliran air panas yang keindahanya menyerupai putih salju.


Terdapat beberapa tempat yang dapat dikunjungi di obyek wisata ini yaitu yang pertama adalah bukit kapur yang dialiri oleh aliran air panas yang membuat bebatuan kapur ini enak dipandang oleh mata. Air panas yang muncul dari celah- celah batu atau bukit kapur tersebut memang benar- benar panas mencapai 90 derajat celcius, sehingga bisa digunakan untuk merebus telur hingga matang. 



Juga terdapat sebuah kolam yang luas nya tidak cukup besar yang mengeluarkan sumber air panas yang nampak bergelembung dari dasar kolam, yang tentunya pengunjung dilarang mandi di area itu.


Tempat kedua berada di bawah tebing. Disini pengunjung bisa menikmati atau bermandi air. Terdapat sebuah aliran sungai yang sejuk dan air terjun yang mengalir dari bukit di atas menjadikan tempat ini tujuan berendam setelah pengunjung menikmati keindahan air panas diatas. Sumber air panas ini dipercaya mengandung belerang yang baik bagi kesehatan kulit bila dipakai untuk mandi atau sekedar untuk membasuh anggota badan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar